Senin, 07 Maret 2011

CUPANG ADUAN SURABAYA



PUTAR
Putar/aduk dapat dilakukan dengan menggunakan toples bulat dengan air setinggi 3/4 toples.
setelah itu ikan dimasukkan dan putar dengan alat tumpul (karet/spon keras).
rawat putar ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih stamina ikan sebelum bertanding. agar saat bertanding, power dan tempo permainan ikan tetap stabil hingga akhir.
JANTUR
Jantur dapat dilakukan dengan menggunakan akuarium kecil, namun dengan tinggi minimal 1meter.
Jantur ditujukan untuk melatih pernafasan dan stamina agar pada saat adu ring dibawah, ikan tetap bisa tenang dan tidak berontak karena kehabisan nafas.
UMBAR LUAS
umbar luas ini dapat dilakukan dengan menggunakan akuarium atau bak besar berisi air setinggi 3/4. idealnya akuarium 100x40x60.
Umbar luas ini ditujukan agar ikan aduan bisa berlarian kesana kemari untuk menghilangkan stress dan untuk mengendurkan kembali otot-otot ikan yang mulai kaku karena terbiasa pada toples kecil.
JEMUR
Jemurlah ikan setiap pagi pada sinar matahari langsung agar kondisi ikan tetap fit dan tetap agresif.
jemur juga berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur pada tubuh ikan.
PALE
Pale juga biasa disebut rawat banting ataupun banting tulang didaerah sumatera.
perwatan ini cukup mudah, karena hanya dengan menggunakan botol dengan berisi air setinggi setengah dari badan ikan. cara rawat ini dimaksudkan dengan tujuan agar cupang memiliki pukulan baling yang baik.
cara ini sangat disukai oleh pemain-pemain kelas berat, karena ikan dengan gaya baling ini relatif lebih sulit dipukul.
Dalam sehari cukup 1jam saja untuk melakukan rawat dengan cara ini. Rawat pale idealnya dilakukan setelah ikan dijemur pada sinar matahari langsung pukul 06.00 - 07.00 dan telah dilakukan rawat putar untuk melatih pernafasan dan stamina ikan agar tidak kendor saat tanding.

1 komentar: